Kamis, 23 April 2020

RPP Mapel Kimia Kelas X

Pada postingan ini siswa dapat melihat RPP Mapel kimia kelas X SMK
Perangkat KBM
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pelaksanaan pembelajaran kimia selama dua semester atau satu tahun dirinci menjadi 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai berikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor                           : 1
Kelas / Semester           : X / 1
Materi Pembelajaran     : Kimia dalam Kehidupan
Alokasi Waktu              : 4 X 45 menit
Jumlah Pertemuan         : 2 kali

A.    Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami peran kimia dalam kehidupan.
4.1. Mengevaluasi berbagai peran kimia dalam kehidupan.

B.     Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1   Menyebutkan produk-produk kimia dalam kehidupan.
3.1.2   Mengidentifikasi ruang lingkup kimia berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
3.1.3   Mengklasifikasi materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran

4.1.1. Menganalisis hakikat ilmu kimia beserta manfaatnya bagi manusia dan lingkungannya.
4.1.2. Mengaitkan peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain
4.1.3. Menyusun tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia.
4.1.4. Merancang penelitian sederhana tentang permasalahan yang berkaitan dengan ilmu kimia di kehidupan sehari- hari.

C.    Tujuan Pembelajaran
Afektif
1.      Siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa berupa kekayaan alam, yang dengan ilmu kimia dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari.
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, dan komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Kognitif
1.      Siswa dapat memahami ilmu kimia dan peranannya.
2.      Siswa dapat memahami karakteristik ilmu kimia.
3.      Siswa dapat menyebutkan produk-produk kimia dalam kehidupan
4.      Siswa dapat mengidentifikasi ruang lingkup kimia berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
5.      Siswa dapat menjelaskan peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain.
6.      Siswa dapat mengklasifikasi materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran.
Psikomotorik
1.      Siswa dapat merancang penelitian sederhana tentang permasalahan yang berkaitan dengan ilmu kimia di kehidupan sehari- hari.
2.      Siswa dapat menyusun tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia.

D.    Materi Pembelajaran
Materi fakta
1.      Produk- produk kimia dalam kehidupan
Ilmu kimia banyak diterapkan dalam produk-produk seperti, pasta gigi, deterjen, pupuk, dll.
2.      Peran kimia dalam perkembangan ilmu lain
Ilmu kimia memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu lain seperti bidang kedokteran, farmasi, seni, dll. Sebagai contoh, pada bidang farmasi, ilmu kimia diterapkan dalam pembuatan dan penggunaan obat- obatan.
3.      Sifat bahan kimia
Bahan kimia dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya seperti mudah meledak, korosif, karsinogenik, dll.
4.      Artikel tentang hakikat ilmu kimia serta peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain
Materi konsep
1.      Hakikat kimia
Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut
2.      Materi dan klasifikasi materi
Materi merupakan segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Sedangkan energi didefinisikan sebagai kemampuan melakukan kerja dan usaha.
Materi prinsip
1.      Sifat materi dan perubahannya
2.      Klasifikasi materi
Berdasarkan komposisi dan sifatnya, materi dapat diklasifikasikan menjadi campuran (larutan, koloid, suspensi), senyawa, dan unsur (logam, nonlogam, dan metaoid.
Materi prosedur
Penelitian sederhana tentang permasalahan yang berkaitan dengan ilmu kimia di kehidupan sehari-hari

E.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah interaktif
2.      Diskusi kelompok
3.      Observasi

F.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan ke- 1
a.       Pendahuluan (15 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Guru menggali pengetahuan siswa tentang ilmu kimia.
·         Memotivasi: Guru memaparkan manfaat belajar kimia dan kaitannya dengan karir masa depan.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar produk- produk kimia dalam kehidupan.
·         Siswa secara individu melakukan pengamatan gambar-gambar (secara cermat, teliti, sebagai ungkapan rasa ingin tahu).
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Eksplorasi: Siswa secara individual diminta untuk mengemukakan hasil analisanya.
·         Elaborasi: Siswa secara berkelompok mengembangkan hasil analisanya dan berdiskusi tentang peran kimia dalam kehidupan, perkembangan IPTEK, dan dalam menyelesaikan masalah global.
·         Diskusi kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.
c.       Penutup (15 menit)
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan hakikat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan.
·         Tindak lanjut: Penugasan membuat tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia.
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Pengenalan peralatan laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium kimia, dan metode ilmiah
2.      Pertemuan ke-2
a.       Pendahuluan (15 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas, dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa tentang materi dan energi.
·         Memotivasi:  Guru memaparkan bahwa alam semesta terdiri dari dunia materi dan dunia energi. Dengan mempelajari materi dan energi, kita akan dapat menyadari kebesaran ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa. 
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati beragam materi yang berada didalam kelas.
·         Siswa secara individu melakukan pengamatan beragam materi yang berada didalam kelas.
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Eksplorasi: Siswa diajak untuk menganalisis penyusun dari materi-materi tersebut dan klasifikasinya
·         Elaborasi: Siswa secara berpasangan berdiskusi mengenai perubahan materi (perubahan kimia dan perubahan fisika)
·         Diskusi kelas tentang hasil diskusi kelompok.
·         Konfirmasi: Guru mengkonfirmasi/menjelaskan kembali bila terjadi kesalahan dalam pemahaman materi.
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.
c.       Penutup
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang materi dan energi.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan kepada siswa, hal- hal yang berkaitan dengan materi dan energi.
·         Tindak lanjut: Penugasan portofolio berupa rancangan percobaan klasifikasi materi yang terdapat dalam buku teks Kimia halaman 31, Erlangga serta laporan tertulis dari percobaan tersebut
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Perkembangan model atom

G.    Sumber belajar/ Bahan Ajar/ Alat
1.         Sumber belajar
Buku teks Kimia  Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Kurikulum 2013
2.         Bahan ajar
a.       Bahan presentasi, gambar-gambar penerapan kimia dalam kehidupan.
b.      Lembar kerja percobaan klasifikasi materi
3.         Alat
Komputer/LCD, VCD/CD player.

H.    Penilaian
1.      Kognitif
a.       Hasil jawaban latihan soal- soal (PR)
b.      Ulangan harian
Contoh soal :
Ø  Besi adalah logam yang paling banyak penggunaannya, dari segi jumlah maupun ragamnya. Hal itu terjadi karena besi mempunyai sifat-sifat yang baik, yaitu kuat dan mudah dibentuk. Berbeda dengan kayu yang mudah terbaar, besi tahan api serta mempunyai titik leleh yang relatif tinggi. Namun demikian, ada kelemahan dari besi, yaitu mudah berkarat, khususnya dalam suasana lembab.
a.       Diantara sifat-sifat besi yang dikemukakan diatas, manakah yang tergolong
i.        Sifat fisika?
ii.      Sifat kimia?
b.      Sebutkan penggunaan utama besi
c.       Sebutkan beberapa upaya yang dilakukan orang untuk mencegah perkaratan besi
Ø  Sukrosa adalah suatu zat padat berbentuk butiran (granula) yang berwarna putih, mudah larut dalam air, dan mempunyai rasa manis. Jika dipanaskan, warna kristal sukrosa mula-mula berubah menjadi cokelat dan akhirnya menjadi hitam. Zat padat hitam ini tidak larut dalam air dan tidak mempunyai rasa manis.
a.       Dari uraian diatas, kemukakanlah
i.        Sifat fisika sukrosa?
ii.      Sifat kimia sukrosa?
b.      Sebutkan satu perubahan fisika yang terjadi pada sukrosa. Jelaskan!
c.       Sebutkan pula satu perubahan kimia yang terjadi pada sukrosa. Jelaskan jawabanmu!
d.      Disebut apakah zat padat berwarna cokelat yang terbentuk jika sukrosa dipanaskan?
2.      Psikomotorik
a.       Tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia
b.      Eksperimen dalam percobaan klasifikasi materi yang dilakukan di rumah, yang dibuktikan dengan hasil akhir percobaan, laporan, dan foto-foto sebagai dokumen bukti.
3.      Afektif
Pengamatan sikap dan perilaku saat belajar dan diskusi kelompok.

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PSIKOMOTORIK – 1 

Indikator:
Siswa dapat menyusun tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis kimia.

Aspek penilaian         : Psikomotorik
Judul kegiatan           : Kimia dan peranannya
Tanggal Penilaian     :
Kelas                           :
                                     
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kesesuaian isi dengan tema
Kelengkapan materi
Susunan Kalimat
Ketepatan waktu penyelesaian
1







2







3







Pedoman penilaian psikomotorik : 1 = Kurang; 2 = Cukup; 3 = Baik; 4 = Sangat baik

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PSIKOMOTORIK – 2

Indikator :
Siswa dapat mengklasifikasi materi menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

Aspek penilaian        : Psikomotorik
Judul kegiatan          : Klasifikasi
Tanggal Penilaian    :
Kelas                          :
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Rancangan penelitian
Kegiatan penelitian
(foto-foto)
Hasil akhir/produk penelitian
Laporan akhir penelitian
Presentasi hasil penelitian
1








2








3









Pedoman penilaian psikomotorik : 1 = Kurang; 2 = Cukup; 3 = Baik; 4 = Sangat baik

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN AFEKTIF

No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Kriteria
Kerjasama dalam kelompok
Perhatian
Peran serta
Kejujuran
1.







2.







3.







Pedoman penilaian afektif : 1 = Kurang; 2 = Cukup; 3 = Baik; 4 = Sangat baik
Selain RPP  dan juga kita berikan Silabus Kimia kelas X


0 komentar:

Posting Komentar