Senin, 27 April 2020

Silabus Kimia Kelas X



SILABUS MATA PELAJARAN: KIMIA

(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)





Satuan Pendidikan : SMK/MAK

Kelas : X (sepuluh)

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1.

Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.


Terintegrasi pada semua proses pembelajaran.


Pengamatan sikap dan perilaku






1.2.

Menyadari keteraturan dalam semua interaksi persenyawaan kimia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME.



Terintegrasi pada semua proses pembelajaran.



Pengamatan sikap dan perilaku






1.3.

Menyadari keberadaan energi yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan oleh manusia sebagai wujud kekuasaan Tuhan YME.



Terintegrasi pada semua proses pembelajaran.



Pengamatan sikap dan perilaku






2.1.

Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari..



Terintegrasi pada semua proses pembelajaran.



Pengamatan sikap dan perilaku






2.2.

Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam



Terintegrasi pada semua proses pembelajaran.



Pengamatan sikap dan perilaku






2.3.

Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan












1. Kimia dalam Kehidupan


3.1.

Memahami peran kimia dalam kehidupan.

Kimia dalam Kehidupan

· Kedudukan kimia dalam sains

· Hakikat ilmu kimia

· Peran kimia dalam kehidupan



Mengamati (Observing)

Membaca artikel tentang contoh penggunaan ilmu kimia, seperti bensin, plastik, pembuatan alkohol dari tebu, penggunaan baterai



Menanya (Questioning)

Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan hasil bacaan



Mengeksplorasi (Eksploring)

Mengkaji dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan dikaitkan dengan kedudukan kimia dalam sains, hakikat ilmu kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.



Mengasosiasi (Associating)

Menyimpulkan tentang kedudukan kimia dalam sains, hakikat ilmu kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.



Mengkomunikasikan (Communicating)

Mempresentasikan tentang kedudukan kimia dalam sains, hakikat ilmu kimia, dan peran kimia dalam kehidupan dengan tata bahasa yang benar dan memanfaatkan teknologi informasi.

Tugas

Mengkaji literatur tentang kedudukan kimia dalam sains, hakikat kimia, dan peran kimia dalam kehidupan.



Pengamatan Sikap pada Kegiatan:

· Diskusi

· Presentasi



Tes tertulis:

Tertulis uraian atau pilihan ganda



4 JP

























































· Buku Teks Kimia Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, Kurikulum 2013

· Buku Teks lainnya

· Lembar kerja

· Sumber informasi lainnya (internet/ CD interaktif jika ada)

0 komentar:

Posting Komentar